Connect with us

Pendidikan

Belajar Tatap Muka Harus Izin Orang Tua, Sumsel Siapkan PTM Terbatas

Published

on

Ilustrasi

Orator.id,PALEMBANG-Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pendidikan bakal membuka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas pada Juli 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel H Riza Pahlevi mengatakan pembukaan belajar tatap muka dilakukan minimal dua hingga empat jam saja dalam sehari.

“Sudah 50 persen guru dan tenaga kependidikan divaksin. Tapi memang belum semua,” ujar Riza Fahlevi disela-sela Pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Sumsel di Asrama Haji Palembang, Rabu (9/6/2021).

Ia menambahkan hampir semua sekolah menurutnya memang sudah mengajukan PTM. Alasannya memang sudah cukup lama belajar dalam jaringan (daring). Selain itu, sekolah sudah cukup lama mempersiapkan protokol kesehatan (Prokes) di sekolahnya.

“Total ada 1.018 sekolah di Sumsel baik SMK, SMK dan SLB baik negeri maupun swasta. Dan saya sampaikan ke kepala sekolah yang terpenting belajar tatap muka ini harus izin dari orang tua,” jelasnya.

Jika ada orang tua yang tetap menginginkan anaknya belajar PTM maka sekolah akan melakukan proses belajar daring. (abl)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pendidikan

Siap-siap,Hasil SBMPTN Diumumkan di Link ini

Published

on

JAKARTA – Pengumuman hasil ujian tulis berbasis komputer seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri(UTBK-SBMPTN) tahun 2021 diumumkan pada Senin 14 Juni 2021. Hasil seleksi dapat secara langsung diakses para peserta secara online.

Sebagaimana diketahui, SBMPTN merupakan jalur penerimaan bagi calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri. Adapun ujiannya dilakukan berbasis komputer dan kriteria calon mahasiswanya ditetapkan bersama perguruan tinggi negeri.

Dikutip dari Instagram resmi LTMPT di @ltmptofficial, Senin (14/6/2021), LTMPT mengumumkan laman pengumuman utama dan laman pengumuman mirror untuk pengumuman hasil SBMPTN 2021.

LTMPT merekomendasikan siswa untuk memastikan perangkat dan koneks dalam kondisi stabil saat mengakses pengumuman yang akan dimulai pada pukul 15.00 WIB tersebut.

Sebenarnya, LTMPT telah menyediakan link akses utama untuk pengumuman kelulusan bagi para calon mahasiswa melalui https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. Tetapi, untuk mempermudah calon mahasiswa dan meminimalisir gangguan jaringan LTMPT mempersiapkan 30 laman mirror yang bisa diakses. Berikut daftarnya seperti dilansir okezone.com :

1. https://sbmptn.ugm.ac.id/

2. https://sbmptn.undip.ac.id/

3. https://sbmptn.untan.ac.id/

4. https://sbmptn.ulm.ac.id/

5. https://sbmptn.unand.ac.id/

6. https://sbmptn.unp.ac.id/

7. https://sbmptn.unpad.ac.id/

8. https://sbmptn.its.ac.id/

9. https://sbmptn.unsyiah.ac.id/

10. https://sbmptn.unsri.ac.id/

11. https://sbmptn.unhas.ac.id/

12. https://sbmptn.unesa.ac.id/

13. https://sbmptn.unimal.ac.id/

14. https://sbmptn.unpjatim.ac.id/

15. https://sbmptn.isbi.ac.id/

16. https://sbmptn.unnes.ac.id/

17. https://sbmptn.unm.ac.id/

18. https://sbmptn.untirta.ac.id/

19. https://sbmptn.uny.ac.id./

20. https://sbmptn.usu.ac.id/

21. https://sbmptn.uns.ac.id/

22. https://sbmptn.unsika.ac.id/

23. https://sbmptn.ui.ac.id/

24. https://sbmptn.ipb.ac.id/

25. https://sbmptn.itb.ac.id/

26. https://sbmptn.unair.ac.id/

27. https://sbmptn.ut.ac.id/

28. https://sbmptn.unram.ac.id/

29. https://sbmptn.itk.ac.id/

30. https://sbmptn.unsrat.ac.id/

Continue Reading

Pendidikan

PPDB SMA di Palembang  Resmi Dibuka, Catat Jadwalnya!

Published

on

Orator.id,Palembang-Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA telah dibuka untuk tahun ajaran 2021-2022.

Sesuai dengan arahan Pemerintah, PPDB dibuka melalui empat jalur yakni jalur prestasi, afirmasi, mutasi/anak kandung guru atau pegawai dan jalur zonasi. Salah satunya adalah di SMA Negeri 10 Palembang.

“Sosialisasi sudah kita lakukan, pendaftaran sudah sejak 24-25 Mei 2021. Dan pengumuman akan dilakukan secara online pada 2 Juni 2021 nanti,” ujar Kepala SMA Negeri 10 Palembang Rozali MPd didampingi Kordinator PPDB Hendri SPd, Senin (31/5/2021).

Ia menambahkan total tahun ini akan menerima 350 siswa baru dengan 10 kelas. Jumlah tersebut merupakan jumlah yang disediakan dalam 10 ruangan kelas untuk 10 rombongan belajar (rombel) nantinya.

Rozali menambahkan bahwa tak ada yang berbeda secara signifikan dalam proses PPDB tahun lalu dengan tahun ini karena semua masih dalam situasi Pandemi Covid-19. Hanya saja nanti pada saat Tes Potensi Akademik (TPA) pada 23-25 Juni 2021 dilakukan secara luar jaringan (Luring) dengan protokol kesehatan (Prokes).

“Yang lain mungkin jika tahun lalu memakai aplikasi PT Sudasa, tahun ini pakai PT Indosat. Kemudian persentasi jalur zonasi tahun lalu 50 persen tahun ini 40 persen dan TPA tahun lalu 30 persen tahun ini 40 persen,” pungkasnya. (abl)

Jadwal Lengkap PPDB SMAN 10 Palembang:

-24-25 Mei Pendaftran Jalur prestasi, afirmasi, mutasi/anak kandung guru atau pegawai
-2 Juni Pengumuman
-3-5 Juni Daftar Ulang
-7-12 Pendaftaran dan Verifikasi Jalur Zonasi
-14 Juni Pengumuman
-15-16 Juni Daftar Ulang
-17-22 Juni Pendaftaran dan Verifikasi jalur Tes Potensi Akademik (TPA)
-23-25 Juni TPA
-29 Juni Pengumuman TPA
-30 Juni – 2 Juli Daftar Ulang TPA

Continue Reading

Pendidikan

Unsri Tentukan Syarat Khusus Bagi Pendaftar Fakultas Kedokteran

Published

on

Orator.id,Palembang– Universitas Sriwijaya (Unsri) melalui jalur Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) 2021 mengingatkan pendaftar harus jeli dengan syarat yang ditentukan oleh panitia.

Terlebih bagi pendaftar yang memilih Fakultas Kedokteran yang biasanya banyak peminat. Sehingga pendaftar harus banyak menggali informasi sebanyak mungkin. Pasalnya, khusus Fakultas Kedokteran memiliki syarar khusus, artinya berbeda dengan fakultas lain.

“Jadi khusus calon peserta yang ingin mendaftarkan ke Fakultas Kedokteran Unsri, syaratnya minimal bilingual atau dua bahasa,” ujar Rektor Unsri Prof DR H Anis Saggaf MSCF, Rabu (26/5/2021).

Anis menjelaskan, standar yang ditetapkan adalah mengacu dengan kompetensi yang diambil. Sebut saja kualitas bahasa Inggris. Pendaftar harus berkompeten yakni tidak boleh kurang dari TOEFL 500. Artinya pendaftar harus memiliki skor TOEFL minimal 500.

Sementara itu, materi tes sendiri terdiri dari dua materi untuk kelompok saintek dan soshum yakni tes bakat skolastik dan tes kemampuan akademik saintek atau soshum.

Tes bakat skolastik sendiri seperti halnya penalaran, pemahaman bacaan dan menulis, pengetahuan umum/kuantitaif dan kualitas bahasa Inggris.

“Jika ingin mengambil fakultas kedokteran selain dua syarat tadi maka harus lolos tes skolastik dan tes saintek. Mulai dari Matematika IPA, Fisika, Kimia dan Biologi,” jelasnya.

Dari semua syarat yang harus ditempuh tersebut panitia memberi waktu pendaftaran yang cukup lama yakni 17 Mei hingga 5 Juli 2021. Sehingga peserta menyiapkan syarat dan kompetensinya.

Sementara Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan dilakukan pada 12-17 Juli 2021, Penilaian Portofolio 17-18 Juli 2021, Wawancara dan Verifikasi Data 17-19 Juli 2021 dan pengumuman 26 Juli 2021. (abl)

Continue Reading
Advertisement

Trending