Connect with us

Berita

AJI Palembang Serukan Kemerdekaan Pers kepada 17 Polres Kabupaten dan Kota

Published

on

Orator.id,PALEMBANG – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palembang menyampaikan amanah perjuangan betapa pentingnya kemerdekaan pers kepada 17 Polres (Kepolisian Resort) kabupaten/kota di Sumatera Selatan (Sumsel). Pernyataan ini diutarakan Ketua AJI Palembang, Prawira Maulana dalam Pelatihan Pengumpulan dan Pengolahan Informasi yang dihadiri 80 personel jajaran Direktorat Intelijen dan Keamanan Polda (kepolisian daerah) Sumsel di Hotel The ALTS baru-baru ini.

“Kita terus menyuarakan kemerdekaan pers ke seluruh stakeholder, khususnya kepolisian merupakan langkah penting untuk kemajuan jurnalisme di Sumsel. Workshop ini pun salah satu cara menyuarakan kebebasan pers seraya meningkatkan profesionalisme,” ujar Wira.

Dalam program Rumah Jurnalisme, AJI Palembang juga memberikan kesempatan pada masyarakat untuk belajar dan memahami kerja-kerja jurnalistik. Ditintelkam Polda Sumsel menjadi stakeholder pertama yang berkesempatan membekali para personelnya dengan ilmu jurnalistik.

Sebelumnya Pengurus AJI Palembang pun telah beraudiensi dengan Kapolda Sumsel Inspektur Jenderal Eko Indro Heri yang menyatakan komitmennya menghargai kebebasan pers. Kapolda menegaskan menghormati kebebasan pers di Sumatera Selatan utamanya kerja-kerja para jurnalis yang dijamin oleh Undang-undang Pers. Kapolda juga mengatakan akan senantiasa menyelesaikan perkara pers dengan menggunakan undang-undang pers. Perkara ini juga akan terus disosialisasikan pada jajaran Polres sampai ke Polsek.

Dalam acara tersebut juga diberikan materi seperti teknik pengumpulan data dan cek fakta oleh Wakil Pemimpin Redaksi CNNIndonesia TV Revolusi Riza. Ada materi menyusun laporan dan kalimat efektif oleh Jurnalis Harian Kompas Rhama Purna Jati dan Jurnalis CNNIndonesia.com Hafidz Trijatnika.

Sementara itu, Direktur Intelkam Polda Sumsel Komisaris Besar Ratno Kuncoro mengatakan, kegiatan workshop tersebut digelar untuk sharing pengalaman dan pengetahuan sehingga pelaksanaan anggota kepolisian khususnya intelijen bisa lebih optimal.

Workshop yang digelar membuktikan bahwa institusi Polri mendukung kebebasan pers dan berupaya mencegah tindak kekerasan terhadap jurnalis kedepannya, khususnya di Sumsel.

“Selama ini ada kasus kekerasan terhadap jurnalis yang dilakukan oleh anggota kepolisian, baik dalam praktek jurnalisme investigasi maupun peliputan aksi unjuk rasa. Itu perlu dicegah oleh kita semua. Ini yang perlu ditekankan bahwa kerja petugas intelijen dengan wartawan itu tidak jauh berbeda,” ujar Ratno.

Dirinya berujar, meski berbeda profesi dan fungsi, jurnalis dan personel intelijen perlu bertukar pikiran dan teknik dalam menulis laporan yang efektif. Karena sebagian kerja intelijen yakni pengumpulan data dan fakta di lapangan merupakan kegiatan sehari-hari jurnalis.

“Keputusan yang diambil oleh Kapolda, Kapolres dalam menyikapi sebuah situasi bergantung kepada petugas intelijen di lapangan yang memberikan laporan. Baik buruknya keputusan, bukan hanya tanggung jawab pucuk pimpinan namun juga tergantung dari teknik pengumpulan data dan laporan dari petugas lapangan,” ujarnya.

Senada, Wakil Pemimpin Redaksi CNNIndonesia TV Revolusi Riza berujar, kerja intelijen dan jurnalistik itu mirip karena mengandalkan insting mencari data dan fakta yang tajam. Kepolisian pun merupakan salah satu sumber utama jurnalis dalam mendapatkan bahan berita.

“Namun terkadang wartawan semakin berjarak dengan polisi, apa yang kita kerjakan ada persinggungan. Namun bagaimana pun jurnalis dan kepolisian adalah mitra yang akan selalu membutuhkan satu sama lain,” ungkap Riza.

Berita

Musisi Anji Ditangkap Gara-gara Narkoba

Published

on

musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji

JAKARTA-Kabar mengejutkan datang dari musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji. Dia ditangkap polisi karena menggunakan narkoba jenis ganja.

Penangkapan tersebut dilakukan Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat di kawasan Cibubur pada Jumat, 11 Juni 2021. Seperti dilansir inews.id, berikut fakta-fakta menariknya.

1. Polisi Benarkan Penangkapan Anji 

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Ady Wibowo membenarkan musisi berinisial EAP alias AN adalah Erdian Aji Prihartanto alias Anji ditangkap terkait narkoba jenis ganja.

“Ya (Anji),” kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo, Minggu (13/6/2021).

2. Ditangkap di Rumah 

Anji ditangkap di rumahnya kawasan Cibubur, Jakarta Timur dengan barang bukti diduga ganja. Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat akhirnya mengungkap identitas sang musisi.

3. Anji Jadi Trending Topic 

Mendengar kabar ini para netizen menyerbu akun Instagram Anji, dan Anji menjadi trending topic di media sosial Twitter.

Dalam salah satu potingannya saat Anji kolaborasi, seorang netizen mnyeletuk. “Bang lupa pake narkoba ya,” kata Hull***.

Sebagian lagi tak percaya, “Masa iya Bang manji,” tulis Catries**

“Kalau sudah tertangkap jadi sulit bergerak BRO. Saya prihatin, Tuhan tidak suka,” cuit seorang Netizen.

4. Masih Diperiksa Polisi 

Menurut, Kanit 1 Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKP Harry Gasgari hingga Anji masih berada dalam pemeriksaan intensif kepolisian. “Saat ini masih dalam proses pemeriksaan secara intensif dan informasi selanjutnya akan kami sampaikan saat press release nanti,” ujarnya.

5. Populer setelah jadi vokolis Drive

Anji populer di publik dan dikenal sebagai vokalis Drive. Beberapa lagu Drive sempat hits turut mengangkat namanya.

Enam tahun bersama Drive, Anji memilih angkat kaki dari band tersebut. Dia kemudian melakukan solo karier, dan mengeluarkan beberapa singel juga album solo.

Continue Reading

Pendidikan

Siap-siap,Hasil SBMPTN Diumumkan di Link ini

Published

on

JAKARTA – Pengumuman hasil ujian tulis berbasis komputer seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri(UTBK-SBMPTN) tahun 2021 diumumkan pada Senin 14 Juni 2021. Hasil seleksi dapat secara langsung diakses para peserta secara online.

Sebagaimana diketahui, SBMPTN merupakan jalur penerimaan bagi calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri. Adapun ujiannya dilakukan berbasis komputer dan kriteria calon mahasiswanya ditetapkan bersama perguruan tinggi negeri.

Dikutip dari Instagram resmi LTMPT di @ltmptofficial, Senin (14/6/2021), LTMPT mengumumkan laman pengumuman utama dan laman pengumuman mirror untuk pengumuman hasil SBMPTN 2021.

LTMPT merekomendasikan siswa untuk memastikan perangkat dan koneks dalam kondisi stabil saat mengakses pengumuman yang akan dimulai pada pukul 15.00 WIB tersebut.

Sebenarnya, LTMPT telah menyediakan link akses utama untuk pengumuman kelulusan bagi para calon mahasiswa melalui https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. Tetapi, untuk mempermudah calon mahasiswa dan meminimalisir gangguan jaringan LTMPT mempersiapkan 30 laman mirror yang bisa diakses. Berikut daftarnya seperti dilansir okezone.com :

1. https://sbmptn.ugm.ac.id/

2. https://sbmptn.undip.ac.id/

3. https://sbmptn.untan.ac.id/

4. https://sbmptn.ulm.ac.id/

5. https://sbmptn.unand.ac.id/

6. https://sbmptn.unp.ac.id/

7. https://sbmptn.unpad.ac.id/

8. https://sbmptn.its.ac.id/

9. https://sbmptn.unsyiah.ac.id/

10. https://sbmptn.unsri.ac.id/

11. https://sbmptn.unhas.ac.id/

12. https://sbmptn.unesa.ac.id/

13. https://sbmptn.unimal.ac.id/

14. https://sbmptn.unpjatim.ac.id/

15. https://sbmptn.isbi.ac.id/

16. https://sbmptn.unnes.ac.id/

17. https://sbmptn.unm.ac.id/

18. https://sbmptn.untirta.ac.id/

19. https://sbmptn.uny.ac.id./

20. https://sbmptn.usu.ac.id/

21. https://sbmptn.uns.ac.id/

22. https://sbmptn.unsika.ac.id/

23. https://sbmptn.ui.ac.id/

24. https://sbmptn.ipb.ac.id/

25. https://sbmptn.itb.ac.id/

26. https://sbmptn.unair.ac.id/

27. https://sbmptn.ut.ac.id/

28. https://sbmptn.unram.ac.id/

29. https://sbmptn.itk.ac.id/

30. https://sbmptn.unsrat.ac.id/

Continue Reading

Berita

Polisi Gerebek Kampung Narkoba di Sumsel

Published

on

Palembang -Polisi menangkap puluhan orang dalam penggerebekan di sebuah kampung di Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan (Sumsel), yang diduga menjadi tempat kegiatan peredaran narkoba. Polisi menyebut kampung yang digerebek tim gabungan tersebut sebagai kampung narkoba.

Informasi yang dihimpun di lokasi penangkapan sempat terjadi kerumunan masyarakat yang menonton beberapa warga ditangkap anggota gabungan kepolisian dan Brimob bersenjata lengkap. Lokasi penggerebekan itu berada di Desa Sarolangun, Rawas Ulu, Muratara.

Sejumlah warga yang ditangkap aparat bersenjata lengkap hari ini diduga terlibat kasus peredaran narkoba, premanisme, dan perjudian.

“Iya, selain menindak peredaran narkoba, di kampung tersebut kira juga menindak kegiatan premanisme, perjudian. Di sana kegiatannya dipimpin Kapolres Muratara,” kata Irjen Eko seperti dilansir detik.com.

Dia mengatakan penggerebekan digelar sejak pukul 05.00 WIB. Hasilnya, aparat mengamankan puluhan pelaku dan sejumlah barang bukti seperti narkoba, uang, dan lainnya.

“Kita giat dari Subuh sekitar pukul 05.00 WIB. Ada banyak pelaku sekitar puluhan. Barang bukti juga banyak. Akan kita infokan nanti jelas datanya,” jelas dia.

Continue Reading
Advertisement

Trending