Connect with us

Berita

Ini Penjelasan Ahli Mengapa AS Bolehkan Warganya Lepas Masker

Published

on

Jakarta-Guru Besar Paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama mengemukakan kebijakan otoritas Amerika Serikat (AS) untuk melepas masker di luar ruangan dipengaruhi oleh hasil penelitian jenis vaksin yang berbeda dengan yang digunakan di Indonesia.

“Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat membuat rekomendasi ini berdasar hasil penelitian terhadap vaksin yang mereka gunakan, yaitu Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson,” katanya baru-baru ini.

Sementara vaksin yang kini berlaku di Indonesia berdasarkan izin penggunaan darurat (EUA) yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), kata dia, di antaranya Sinovac, AstraZeneca dan Sinopharm.

Namun di waktu mendatang, kata Tjandra, mungkin saja vaksin di AS juga dipakai di Indonesia karena sebagian sudah tercantum di Surat Keputusan (SK) Menkes Nomor 84 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Sebagian vaksin-vaksin di Amerika Serikat rencananya akan dipakai juga di Indonesia,” katanya.

Ia menyatakan bahwa kajian terhadap vaksin di Indonesia hingga saat ini masih dilakukan Kementerian Kesehatan beserta otoritas terkait.

“Kita tunggu saja bagaimana arahan resmi dari Kementerian Kesehatan, tentu bergantung dari hasil penelitian ilmiah vaksin yang ada,” ujarnya.

Ia menambahkan otoritas AS terbilang tegas dalam penggunaan vaksin bagi masyarakat maupun pendatang di negara tersebut.

“Anak saya itu baru sepekan di New York, dan di Jakarta sudah menerima suntikan vaksin Sinovac dua kali, tapi sampai di AS diminta divaksin yang sudah disetujui Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat. Bingung juga memutuskannya, tidak ada kepustakaannya yang sudah dapat Sinovac lalu harus dapat Pfizer atau Moderna lagi,” kata Tjandra Yoga Aditama.

“Pertama adalah 3M, yakni mencuci tangan, memakai Masker dan menghindari kerumunan. Kedua, adalah 3T, yaitu tracing, testing, treatment, dan yang ketiga adalah vaksinasi,” katanya seperti dilansir CNN Indonesia. Secara terpisah, Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, mengatakan kebijakan vaksinasi adalah salah satu dari tiga lapis utama perlindungan masyarakat agar tidak tertular Covid-19.

Kata Wiku, melaksanakan tiga lapis perlindungan itu secara bersamaan sangat penting untuk melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat agar bisa produktif dan aman dari Covid-19.Wiku mengatakan 3M itu sangat penting dilakukan selama pandemi belum berakhir dan belum cukupnya bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa vaksinasi tersebut telah menimbulkan cukup kekebalan seseorang maupun komunal.

Kata Wiku, melaksanakan tiga lapis perlindungan itu secara bersamaan sangat penting untuk melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat agar bisa produktif dan aman dari Covid-19.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Musisi Anji Ditangkap Gara-gara Narkoba

Published

on

musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji

JAKARTA-Kabar mengejutkan datang dari musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji. Dia ditangkap polisi karena menggunakan narkoba jenis ganja.

Penangkapan tersebut dilakukan Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat di kawasan Cibubur pada Jumat, 11 Juni 2021. Seperti dilansir inews.id, berikut fakta-fakta menariknya.

1. Polisi Benarkan Penangkapan Anji 

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Ady Wibowo membenarkan musisi berinisial EAP alias AN adalah Erdian Aji Prihartanto alias Anji ditangkap terkait narkoba jenis ganja.

“Ya (Anji),” kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo, Minggu (13/6/2021).

2. Ditangkap di Rumah 

Anji ditangkap di rumahnya kawasan Cibubur, Jakarta Timur dengan barang bukti diduga ganja. Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat akhirnya mengungkap identitas sang musisi.

3. Anji Jadi Trending Topic 

Mendengar kabar ini para netizen menyerbu akun Instagram Anji, dan Anji menjadi trending topic di media sosial Twitter.

Dalam salah satu potingannya saat Anji kolaborasi, seorang netizen mnyeletuk. “Bang lupa pake narkoba ya,” kata Hull***.

Sebagian lagi tak percaya, “Masa iya Bang manji,” tulis Catries**

“Kalau sudah tertangkap jadi sulit bergerak BRO. Saya prihatin, Tuhan tidak suka,” cuit seorang Netizen.

4. Masih Diperiksa Polisi 

Menurut, Kanit 1 Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKP Harry Gasgari hingga Anji masih berada dalam pemeriksaan intensif kepolisian. “Saat ini masih dalam proses pemeriksaan secara intensif dan informasi selanjutnya akan kami sampaikan saat press release nanti,” ujarnya.

5. Populer setelah jadi vokolis Drive

Anji populer di publik dan dikenal sebagai vokalis Drive. Beberapa lagu Drive sempat hits turut mengangkat namanya.

Enam tahun bersama Drive, Anji memilih angkat kaki dari band tersebut. Dia kemudian melakukan solo karier, dan mengeluarkan beberapa singel juga album solo.

Continue Reading

Pendidikan

Siap-siap,Hasil SBMPTN Diumumkan di Link ini

Published

on

JAKARTA – Pengumuman hasil ujian tulis berbasis komputer seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri(UTBK-SBMPTN) tahun 2021 diumumkan pada Senin 14 Juni 2021. Hasil seleksi dapat secara langsung diakses para peserta secara online.

Sebagaimana diketahui, SBMPTN merupakan jalur penerimaan bagi calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri. Adapun ujiannya dilakukan berbasis komputer dan kriteria calon mahasiswanya ditetapkan bersama perguruan tinggi negeri.

Dikutip dari Instagram resmi LTMPT di @ltmptofficial, Senin (14/6/2021), LTMPT mengumumkan laman pengumuman utama dan laman pengumuman mirror untuk pengumuman hasil SBMPTN 2021.

LTMPT merekomendasikan siswa untuk memastikan perangkat dan koneks dalam kondisi stabil saat mengakses pengumuman yang akan dimulai pada pukul 15.00 WIB tersebut.

Sebenarnya, LTMPT telah menyediakan link akses utama untuk pengumuman kelulusan bagi para calon mahasiswa melalui https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id. Tetapi, untuk mempermudah calon mahasiswa dan meminimalisir gangguan jaringan LTMPT mempersiapkan 30 laman mirror yang bisa diakses. Berikut daftarnya seperti dilansir okezone.com :

1. https://sbmptn.ugm.ac.id/

2. https://sbmptn.undip.ac.id/

3. https://sbmptn.untan.ac.id/

4. https://sbmptn.ulm.ac.id/

5. https://sbmptn.unand.ac.id/

6. https://sbmptn.unp.ac.id/

7. https://sbmptn.unpad.ac.id/

8. https://sbmptn.its.ac.id/

9. https://sbmptn.unsyiah.ac.id/

10. https://sbmptn.unsri.ac.id/

11. https://sbmptn.unhas.ac.id/

12. https://sbmptn.unesa.ac.id/

13. https://sbmptn.unimal.ac.id/

14. https://sbmptn.unpjatim.ac.id/

15. https://sbmptn.isbi.ac.id/

16. https://sbmptn.unnes.ac.id/

17. https://sbmptn.unm.ac.id/

18. https://sbmptn.untirta.ac.id/

19. https://sbmptn.uny.ac.id./

20. https://sbmptn.usu.ac.id/

21. https://sbmptn.uns.ac.id/

22. https://sbmptn.unsika.ac.id/

23. https://sbmptn.ui.ac.id/

24. https://sbmptn.ipb.ac.id/

25. https://sbmptn.itb.ac.id/

26. https://sbmptn.unair.ac.id/

27. https://sbmptn.ut.ac.id/

28. https://sbmptn.unram.ac.id/

29. https://sbmptn.itk.ac.id/

30. https://sbmptn.unsrat.ac.id/

Continue Reading

Berita

Polisi Gerebek Kampung Narkoba di Sumsel

Published

on

Palembang -Polisi menangkap puluhan orang dalam penggerebekan di sebuah kampung di Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan (Sumsel), yang diduga menjadi tempat kegiatan peredaran narkoba. Polisi menyebut kampung yang digerebek tim gabungan tersebut sebagai kampung narkoba.

Informasi yang dihimpun di lokasi penangkapan sempat terjadi kerumunan masyarakat yang menonton beberapa warga ditangkap anggota gabungan kepolisian dan Brimob bersenjata lengkap. Lokasi penggerebekan itu berada di Desa Sarolangun, Rawas Ulu, Muratara.

Sejumlah warga yang ditangkap aparat bersenjata lengkap hari ini diduga terlibat kasus peredaran narkoba, premanisme, dan perjudian.

“Iya, selain menindak peredaran narkoba, di kampung tersebut kira juga menindak kegiatan premanisme, perjudian. Di sana kegiatannya dipimpin Kapolres Muratara,” kata Irjen Eko seperti dilansir detik.com.

Dia mengatakan penggerebekan digelar sejak pukul 05.00 WIB. Hasilnya, aparat mengamankan puluhan pelaku dan sejumlah barang bukti seperti narkoba, uang, dan lainnya.

“Kita giat dari Subuh sekitar pukul 05.00 WIB. Ada banyak pelaku sekitar puluhan. Barang bukti juga banyak. Akan kita infokan nanti jelas datanya,” jelas dia.

Continue Reading
Advertisement

Trending