Connect with us

Berita

Tingkatkan Produksi Padi di Lahan Gambut, USS Gandeng IPB Jalin Kerjasama

Published

on

Orator.id,PALEMBANG – Universitas Sumatera Selatan (USS) melakukan Penandatangan Perjanjian Kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) University, di kampus USS, di Palembang, Minggu (9/8/2020). Dalam kerjasama itu juga dilakukan Webinar via Zoom dengan Rektor USS Yudha Pratomo Mahyuddin, MSc, PhD, dari Amerika Serikat.

Penandatanganan oleh Kepala LPPM IPB University, Dr. Ir. Ernan Rustiadi, M.Agr, langsung dari Bogor, dan Wakil Rektor I USS Dr. Ir. Leila Kalsum, MT. Dalam menindaklanjuti kerjasama ini, IPB menurunkan tim yang dipimpin oleh Ketua Tim Riset, Prof Dr Amiruddin Saleh, MS, beserta rombongan. Acara dihadiri pula oleh Ketua Yayasan YP4SS, dr Hj Halipah Amin, SpTHT, MM, Pembina USS Prof dr H Mahyuddin NS, SpOG(K), Wakil Rektor II Wiwiek Widharti, SE.Ak, MCom, Dekan Pertanian Dr. Ir. Elmeizy Arafah, MS, dan para Dosen di lingkungan USS.

Setelah penandatanganan perjanjian kerjasama di Kampus A USS, di Palembang, dilanjutkan peninjauan lokasi lahan produksi Fakultas Pertanian USS di Sungai Dua, Banyuasin, Sumatera Selatan. Fakultas Pertanian membawahi dua Program Studi (Prodi) yaitu Prodi Agribisnis dan Ilmu Perikanan. Juga turut hadir di lokasi calon Agrowisata tersebut Kepala Dinas Pariwisata Sumsel Dr. Ir. Aufa Syahrizal, MS.

Rektor USS Yudha Pratomo Mahyuddin MSc PhD mengatakan, perjanjian kerjasama antara USS dan IPB sangat penting dalam melakukan inovasi-inovasi di perguruan tinggi, terutama pengembangan teknologi untuk meningkatkan produksi bagi masyarakat.

“Kerjasama USS dan IPB ini sangat penting. Kita berharap kerjasama ini dapat berlanjut dalam jangka waktu panjang untuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” kata Yudha seperti rilis yang disampaikan ke redaksi Orator.id.

Ketua Tim Riset LPPM IPB, Prof. Ir. Amiruddin Saleh MS mengatakan, perjanjian kerjasama juga dalam rangka pengembangan model inovasi Komunitas Estate Padi (KEP).

“Kita akan ciptakan bibit unggul padi sebagai tempat penelitian dan percontohan di Indonesia untuk peningkatan produksi padi. USS memiliki lokasi yang sangat luas dan strategis untuk kita kembangkan. Oleh karena itu, LPPM IPB tertarik untuk menjalin kerjasama dgn USS,” kata Prof. Amiruddin.

Kepala Dinas Pariwisata Sumsel, Dr. Ir Aufa Syahrizal, MS, mengatakan pada lokasi praktek outdoor USS di Sungai Dua, selain untuk meningkatkan produksi hasil pertanian juga luar biasa dan sangat potensial untuk dijadikan lokasi Agrowisata di Sumatera Selatan. Kata Aufa, lokasi Agrowisata di Sungai Dua, Banyuasin, dekat dengan pusat kota Palembang sebagai ibukota Sumsel, arealnya juga sangat luas memiliki berbagai kekayaan potensi wisata, seperti perikanan, persawahan, sungai, sawit, lokasi pemancingan, dan outbound.

“Konsep Agrowisata yang terpadu dan sangat menarik untuk dikembangkan di Sumatera Selatan. Bila ini terealisasi dan terintegrasi, akan menjadi pusat Agrowisata terbesar dan terluas di Indonesia,” kata Aufa.

Wakil Rektor I USS Dr. Ir. Leila Kalsum MT mengucapkan terima kasih kepada IPB dan Dinas Pariwisata Sumsel serta semua pihak yang mendukung pusat penelitian, pendidikan, dan pengabdian USS di Sungai Dua. Terlebih, USS memiliki lokasi praktek yang luas dan memiliki tiga kampus untuk proses belajar mengajar indoor. Kampus A di Jl. Letnan Murod Km 5 Palembang, Kampus B di Graha Bunda Jl. Jend. Sudirman Km.4 Palembang, dan Kampus C di kompleks RS Bunda Medika, Jakabaring. USS juga memiliki Prodi unggulan, Prodi Agribisnis, Ilmu Perikanan, Ilmu Komunikasi, Ilmu Komputer, dan Manajemen.

“Kesempatan bagi yang berminat meneruskan ke perguruan tinggi untuk kuliah di USS, kita sangat konsen dengan konsep Entrepreneur University, apalagi Prodi Agribisnis dan Ilmu Perikanan ini,” kata Leila.

Ketua Yayasan YP4SS dr Hj Halipah Amin, SpTHT, MM, mengatakan kerjasama USS dengan IPB untuk mengembangkan penelitian, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat. “Inovasi-inovasi dalam bidang Pertanian, utamanya Agribisnis dan Perikanan sangat perlu ditingkatkan. Atas kerjasama dengan IPB ini, InsyaAllah akan diterapkan dalam praktek mahasiswa USS dan pengabdian kepada masyarakat,” kata Halipah.

Pembina USS Prof dr H Mahyuddin NS, SpOG(K) mengatakan, kerjasama IPB dan USS antara lain untuk meningkatkan produksi hasil pertanian.

“Kerjasama ini dapat menjadi agen perubahan produksi padi. Apalagi di lahan gambut, yang selama ini hanya menghasilkan sekitar 5 ton per hektar, dengan konsep inovasi dari IPB ini, USS berguru untuk menanam padi sebagai percobaan inovasi perubahan produksi, lahan gambut bisa mencapai hingga 10 ton per hektar. Inovasi-inovasi seperti ini yang kita butuhkan untuk meningkatkan produksi hasil pertanian masyarakat sebagai agen perubahan produksi padi,” kata Prof. Mahyuddin.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Dua Pemuda Duel Berebut Pemandu Lagu Karaoke, Satu Tewas

Published

on

Ilustrasi

Orator.id,PAGARALAM-Seorang pemuda berinisial YG (30) warga Pagaralam tewas meregang nyawa setelah terlibat duel berdarah di kawasan Pasar Pagaralam. Penyebabnya diduga lantaran berebut wanita pemandu lagu (PL) di tempat karaoke.

Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara kepada wartawan membenarkan peristiwa tersebut. Kapolres kemudian menjelaskan kronologis pembunuhan tersebut. Dimana, pelaku yang merupakan pemuda asal Kabupaten Lahat berinisial OT (28) menusuk YG hingga tewas dengan sebilah pisau di kawasan pasar Pagaralam,Kamis (26/11/2020) malam.

Menurut Kapolres, penyebab mereka berduel diduga berebut wanita PL. Dimana sebelum kejadian korban YG cekcok mulut dengan pelaku OT di sebuah tempat karaoke di kawasan Pagaralam Utara. Pangkal keributan diduga lantaran korban YG tidak terima wanita PL yang telah di-bookingnya lebih memilih pelaku OT ketimbang dirinya.

“Korban YG diduga terbakar api cemburu lantaran wanita PL yang berada di room lebih memilih pelaku OT. Keduanya lantas terlibat cekcok hingga perkelahian sampai terjadi pembunuhan”ungkap Kapolres AKBP Dolly, Sabtu (28/11/2020)

Lebih lanjut ujar Kapolres peristiwa pembunuhan itu sendiri tidak terjadi di lokasi karaoke namun aksi perkelahian dan penusukan hingga mengakibatkan korban YG tewas terjadi di kawasan pasar Pagaralam.

“Usai pergi bersama wanita PL tersebut ,keduanya bertemu kembali dan korban menanyakan keberadaan wanita PL yang di-bookingnya kepada pelaku dan terjadilah perkelahian. Dimana korban mengambil sebuah batu dan memukulkannya ke arah pelaku kemudian disambut dengan tusukan menggunakan sebilah pisau oleh pelaku ke tubuh korban yang mengakibatkan korban tewas di tempat,”terangnya

Kapolres menambahkan bahwa pihaknya telah mengamankan barang bukti serta memeriksa saksi-saksi untuk proses hukum lebih lanjut. (fik)

Continue Reading

Berita

Pilkada Serentak 9 Desember Ditetapkan Sebagai Hari Libur Nasional

Published

on

Presiden Jokowi

Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang dilaksanakan Rabu 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional. Ini tertuang dalam surat Keputusan Presiden (Keppres).

Penetapan 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional tertuang dalam Keppres Nomor 22 Tahun 2020 tentang ‘Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 sebagai Hari Libur Nasional’.

“Menetapkan hari Rabu tanggal 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota secara serentak,” demikian keputusan Jokowi pada diktum kesatu perpres seperti dilansir detik.com, Sabtu (28/11/2020).

Keppres Nomor 22 Tahun 2020 ini berlaku sejak tanggal penetapan, yaitu 27 November 2020.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga menyatakan 9 Desember 2020 akan jadi hari libur nasional. Artinya ini berlaku tidak hanya di daerah penyelenggara pemilu, tapi juga seluruh wilayah Indonesia.

“Pada hari pemungutan suara sebagaimana diamanahkan di UU dilaksanakan pada hari libur atau diliburkan, sebagaimana yang sudah-sudah dalam pilkada 2015, 2017, 2018,” kata Komisioner KPU, Hasyim Ashari, dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/11).

“Semoga akan menjadi faktor pendorong juga untuk aktif hadir dalam pemungutan suara 9 Desember,” tutur Hasyim.Dia berharap, dengan adanya keputusan ini, masyarakat akan terdorong untuk aktif hadir dalam pencoblosan dan pemungutan suara.

Continue Reading

Berita

Astaga! Seorang Anak Tega Aniaya Ibu Kandung Viral di Medsos

Published

on

Ilustrasi

Orator.id,PALEMBANG-Video viral seorang pria memukul ibu – ibu beredar di Media Sosial (Medsos) Instagram. Setelah ditelusuri ternyata peristiwa tersebut terjadi di Jalan H. Faqih Usman, Lorong Perigi Darat, Kelurahan 2 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I Palembang.

Pada video tersebut terlihat seorang pria memukul, dan menendang perempuan tersebut, lalu perempuan tersebut menjerit meminta tolong.

Diketahui pria tersebut bernama Aziz Alias Oce dan perempuan tersebut bernama Sunar pedagang sayur di Pasar 2 Ulu.

Ketua RT 15, Oyah saat dikonfirmasi mengatakan bahwa aksi pemukulan itu terjadi antara ibu dan anak kandung. Dimana penyebabnya anak tersebut meminta uang.

“Anak tersebut memukuli Ibunya lantaran meminta uang untuk membeli lem aibon, lalu ibunya tidak memberikan uang tersebut, saya juga kaget karena anak tersebut tega menganiaya ibunya” katanya.

Oyah mengatakan bahwa mereka bukan warga setempat namun hanya datangan untuk berdagang sayur di Pasar 2 Ulu.

Sementara itu, Kassubag Humas Polrestabes Palembang, AKP Irene mengatakan bahwa pihak kepolisian sedang mengejar pelaku pemukulan agar diproses lebih lanjut. (edp)

Continue Reading
Advertisement

Trending