Connect with us

Event

Peringatan Hari Jadi Provinsi Sumatera Selatan ke-73 : Momentum Wujudkan Sumsel Maju SDM dan Infrastruktur yang Adil dan Merata

Published

on

Orator.id,Palembang – Tanggal 15 Mei 2019 merupakan peringatan Hari Jadinya Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ke-73, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumsel menggelar Rapat Paripurna di Gedung DPRD Sumsel Palembang, Rabu (15/5/2019).

Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Sumsel MA Gantada, dan 3 wakil Ketua DPRD Sumsel lainnya, Chairul S Matdiah, M Yansuri dan Kartika Sandra Desi.

Hadir juga Wakil Gubernur Ir H. Mawardi Yahya, Sekda Provinsi Sumsel H. Nasrun Umar, Kapolda Sumsel Irjen Zulkarnain Adinegara, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Wali Kota dan Bupati se Sumsel atau yang mewakili, dan unsur muspida lainnya.

Turut hadir Forkompimda Sumatera Selatan, Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia, Wakil Ketua TP PKK Hj. Fauziah. Bupati dan Walikota, unsur pimpinan DPRD Kabupaten/ kota di Sumsel, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kementerian Dalam Negeri, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Kementerian Pemuda dan Olahraga, anggota DPR RI, DPD RI asal Sumatera Selatan serta para undangan penting lainnya.

Ketua DPRD Sumsel, MA Gantada turut menceritakan sejarah proses terbentuknya Provinsi Sumsel. Dari 10 tahapan sejarah bermula dari Kerajaan Sriwijaya hingga era otonomi daerah pasca reformasi tahun 1999. Dengan begitu bisa disadari bahwa Provinsi Sumsel memiliki posisi strategis baik jalur lalu lintas transportasi maupun potensi Sumber Daya Alam.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru
Sementara itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengajak seluruh unsur Pemerintah Provinsi, Kabupaten/kota serta masyarakat Sumsel untuk introfeksi diri terkait dengan apa yang telah, sedang dan akan diperbuat dalam mewujudkan tercapainya kesejahteraan masyarakat. Bahkan dia meminta pada hari jadi Provinsi Sumsel diisi dengan sejumlah agenda yang lebih memberikan makna, tidak hanya sebatas agenda seremonial.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru

“Ini akan menjadi evaluasi bagi kita. Saya ingin kedepan hari jadi Pemprov. Sumsel lebih semarak dengan melibatkan masyarakat. Hari ini kita memperingati hari jadi Sumsel ke 73, syukur kita ucapkan karena momen ini bertepatan dengan bulan puasa,” tegas Herman Deru.

Menurut Gubernur, momentum hari jadi Provinsi Sumsel yang ditetapkan melalui Perda Nomor 5 Tahun 2007 tanggal 21 Maret 2007, mengingatkan kembali masyarakat Sumsel akan kebesaran dan kejayaan kerajaan Sriwijaya yang diharapkan dapat memberikan energi untuk membawa provinsi ini Maju dan Unggul dimasa datang.

“ Misi dan visi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005-2025. Yakni Sumsel Unggul dan Terdepan tahun 2025. Visi RPJPD tersebut diturunkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019-2023 dengan Visi “Sumsel Maju untuk Semua,” tambahnya.

Dia merinci untuk tahun 2019 akan difokuskan dalam pencapaian 16 sasaran meliputi majunya ekonomi kerakyatan, majunya investasi, industri dan perdagangan. Majunya pertanian rakyat dan kedaulatan pangan, majunya kesejahteraan rakyat, majunya akses energi, kesehatan masyarakat, pendidikan berkualitas, majunya pembangunan responsive gender, majunya pelayanan publik, majunya pembangunan yang transparan, majunya aparatur profesional dan berintegritas. Majunya kualitas lingkungan hidup, majunya infrastruktur dan konektivitas, majunya stabilitas keamanan, majunya seni, budaya dan pariwisata serta majunya pemuda dan olahraga.

“Enam belas saran tersebut merupakan sasaran tahun pertama dalam masa kepemimpinan saya dan pak Mawardi Yahya yang tentu tidak dapat dicapai tanpa ada kerjasama dan dukungan dari seluruh masyarakat, Bupati dan Walikota serta pemangku kepentingan lainnya,” tambahnya.

Lebih lanjut Herman Deru memaparkan berkat kerjasama yang baik seluruh pelaku pembangunan salama ini, kinerja pembangunan Sumsel tetap terjaga dengan baik. Dengan capaian makro Provinsi Sumsel dicerminkan dengan beberapa indikator antara lain Ekonomi Provinsi Sumsel triwulan satu tahun 2019 tumbuh sebesar 5,68 persen (year-on-year, tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Provinsi Sumsel pada Februari 2019 mencapai 3,99 persen atau mengalami penurunan 0,03 persen jika dibanding dengan periode yang sama Februari 2018 sebesar 4,02 persen.

“Inflasi tahunan year on year (april 2019 terhadap april 2018) sebesar 1,90 persen turun dari inflasi year on year (april 2018 terhadap april 2017) sebesar 3,71 persen. Alhamdulilah capaian makro Sumatera Selatan menunjukan tren positif mengarah sesuai dengan perencanaan dalam RPJMD,” tandasnya.

Usai paripurna Gubernur berkenan menyerahkan penghargaan bagi para kades inovatif di Sumsel serta peninjauan langsung bazar dan pasar murah yang digelar di halaman Kantor DPRD Provinsi Sumsel. (riz/adv)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Event

75 Anggota DPRD Sumsel Dilantik. RA Anita : InsyaAllah Kami Amanah

Published

on

Pelantikan anggota DPRD Sumsel periode 2019-2024 di Palembang, Selasa (24/9/2019).

Orator.id,Palembang – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel Feby Deru serta Wakil Gubernur Sumsel H.Mawardi Yahya dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Hj Fauziah Mawardi menghadiri Rapat Paripurna LXV (65) DPRD Provinsi Sumsel dengan Agenda Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Prov. Sumsel Masa Jabatan 2019-2024, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Prov Sumsel,Selasa (24/9/2019)

Selain mengucapkan selamat, Gubernur Sumsel H Herman Deru juga menitipkan pesan kepada anggota dewan yang baru untuk mendukung Pemprov Sumsel menurunkan angka kemiskinan yang masih di atas angka rata-rata nasional.

“Apapun program dan kerjasama yang dilakukan dan segala upaya kami harap dapat menurunkan angka kemiskinan. Karena sampai Maret 2019, angka kemiskinan Sumsel masih sebesar 12.71 persen dan di atas rata-rata angka nasional,” jelasnya.

Untuk membangun Sumsel Herman Deru menjelaskan Pemprov juga telah menggagas program menyatukan visi misi bersama sekitar 635 anggota DPRD dari seluruh kabupaten/kota se Sumsel. Program ini dilaksanakan dalam bentuk silaturahmi dan menyatukan visi misi sekaligus penandatanganan SK anggota DPRD kab/kota terpilih.

“Program ini menjadi yang pertama di Indonesia. Harapan kami dengan program ini kami ingin menyatukan visi misi membangun Sumsel Maju untuk Semua,” jelasnya.

Di tempat yang sana Ketua DPRD Provinsi Sumsel H. Aliandra Pati Gantada mengatakan selamat bertugas kepada calon anggota DPRD masa bakti 2019-2024 yang telah melaksanakan sumpah/janji.

“Selamat bertugas sebagai wakil rakyat dan Selamat bekerja semoga sukses. Saya
percaya seluruh anggota DPRD ini dengan kecerdasan dan pengalamannya dapat memenuhi harapan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu kepada anggota dewan masa bakti 2014-2019 yang masih dipercaya masyarakat untuk bertugas diharapkan Gantada, dapat terus mengembangkan kemampuan.

“Kepada yang masih bertugas hendaknya pengalaman selama lima tahun dapat meneruskan hal yang bermanfaat bagi maayarakat serta menularkannya kepada anggota dewan yang baru,” jelasnya.

Pimpinan sementara DPRD Provinsi Sumsel RA Anita Noeringhati yang akan menjadi Ketua DPRD Sumsel definitif ini mengungkapkan hal serupa. Ia mengaku sangat bersyukur karena pengucapan sumpah/janji 75 anggota dewan periode 2019-2024 berjalan dengan lancar.

“Setelah pengucapan janji itu artinya anggota dewan mulai memasuki masa tugas selaku wakil rakyat. Insya Allah akan kami laksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” jelas Anita.

Demikian pula pada anggota dewan yang sudah memasuki purna bakti dirinya juga mengucapkan terima kasih atas kinerja dan kontribusi yang telah diberikan.

” Semoga kami dapat melanjuykan dan meningkatkan karya dan tuntutan masyarakat saat ini,” jelasnya.

Kepada masyarakat Sumsel, Anita juga mengucapkan hal yang sama atas kepercayaan dan dukungan yang sudah diberikan.

Sementara itu acara Pengucapan Sumpah/Janji anggota DPRD Provinsi periode 2019-2024 itu sendiri dimulai dengan pembacaan surat keputusan Mendagri tentang pemberhentian anggota dewan masa bakti masa bakti 2014-2019 dan peresmian anggota dewan baru masa baksi 2019-2024.

Dilanjutkan dengan pengucapan Sumpah Janji yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palembang serta Penandatanganan Surat Berita Acara Sumpah Jabatan secara simbolis dan Penyematan lencana secara simbolis sebelum kemudian ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan foto bersama.

Sejumlah pejabat tampak hadir dalam acara tersebut di antaranya Wali Kota Palembang periode 1993-2003 H.Husni, Gubernur Sumsel periode 2003-2008 Ir.H Syahrial Oesman, Gubernur Sumsel Periode 2008-2018 H.Alex Noerdin serta Wakil Gubernur Sumsel periode 2013-2018 H.Ishak mekki, Wali Kota Palembang Harnojoyo, Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli Bahuri, Kajati Sumsel Sugeng Pramono dan Bupati Wali Kota se Sumsel lainnya. (info/riz)

Continue Reading

Event

Peringati HUT Kementerian ESDM ke-74, PT SERD Gelar Donor Darah

Published

on

Orator.id,LAHAT-Dalam rangka memperingati HUT Kementrian ESDM Republik Indonesia ke-74, PT Supreme Energy Rantau Dedap (SERD) menyelenggarakan bhakti sosial donor darah yg dilakukan bersama PMI Kabupaten Muara Enim.

Sebanyak 50 pendonor yg terdiri dari karyawan PT SERD dan mitra kerja dari PT Rekind dan PT Pra.

Pada kesempatan itu dalam kata sambutannya, managemen PT SERD, Budi Satrio mengatakan bahwa kepedulian PT Supreme Energy dalam donor darah merupakan rangkaian program CSR. Kegiatan juga dilakukan karena sejalan dg kebutuhan PMI.

Dan karyawan PT SERD merupakan bagian dari masyarakat Muara Enim yg berkiprah di Semende Darat Ulu.

“Terimakasih dari perusahaan atas kerjasama yg diberikan PMI yg merupakan jalinan tugas kemanusiaan,”ujarnya.

Budi Satrio berharap agar kegiatan donor darah ini mampu menyelamatkan jiwa dan nyawa para pasien yg membutuhkannya.

Dalam acara tersebut, turut hadir PMI Muara Enim yg dikemukakan Zulkipli mewakili Ketua PMI Muara Enim, Sinta Muzakir. PMI Muara Enim menyambut baik dan menyampaikan ucapan terimakasih bahwa kegiatan donor darah dapat terlaksana dengan baik. (ril)

Continue Reading

Event

Gandeng TNI/Polri, PT MHP Salurkan CSR Kesehatan

Published

on

Bakti sosial program CSR bidang kesehatan PT MHP menggelar sunatan massal di Desa Semangus Baru dan Desa Semangus Lama Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Mura.

Orator.id, MUSIRAWAS –  Sebanyak 100 anak-anak di Desa Semangus Baru dan Desa Semangus Lama Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas (Mura) mengikuti sunatan massal.

Bakti sosial sunatan massal berasal dari program Coorporate Social Responsibility (CSR) PT Musi Hutan Persada (MHP) perusahaan hutan tanaman industri. Bekerjasama anggota Polsek Muara Lakitan Polres Mura dan Koramil 406-04 Muara Lakitan Kodim 0406 MLM.

“Sunatan massal dilakukan di Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Mura tepatnya di Desa Semangus. Sebanyak 50 orang anak dari warga Desa Semangus Lama dan 50 orang anak warga Desa Semangus Baru ikut partisipasi,”jelas Perwakilan Managemen PT MHP sekaligus Head HKM PT MHP, H Sidharta Agustian, SH, Kamis (20/6/2019).

Menurutnya, baksos sunatan massal program CSR PT MHP bidang kesehatan, bertujuan menjalin dan meningkatkan hubungan baik antara perusahaan PT MHP dengan masyarakat dua desa tersebut. Pihaknya juga menyampaikan kepada semua pihak di kegiatan tersebut tentang visi misi PT MHP.

“Kita juga mengimbau dan mengharapkan partisipasi masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Karena, semua pihak baik masyarakat, komponen pembangunan lainnya dan TNI/Polri bersinergis di penanganan karhutla,”ujarnya.

Dia menambahkan dengan program CSR yang senantiasa digulirkan kepada masyarakat menciptakan kebersamaan untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Mura. (can)

Continue Reading
Advertisement

Trending