Connect with us

Hiburan

Malam Tahun Baru, Palembang Icon Mal Gelar Konser Amal

Published

on

Ilustrasi

Orator.id,Palembang –Manajemen Palembang Icon Mall (Picon) membatalkan pesta kembang api pada malam pergantian tahun. Hal ini berdasarkan himbauan Wali Kota, mengingat kondisi negeri yang sedang berduka karena bencana alam di sejumlah daerah.

“Kami mendapat himbauan itu hari Sabtu (29/12) padahal semua persiapan sudah siap. Terpaksa vendor menarik lagi pesta kembang api,” kata Marketing Communication Picon, Trulli, Senin (31/12/2018).

Marketing Communication Picon, Trulli

Marketing Communication Picon, Trulli
Dengan begitu perayaan malam tahun baru, Palembang Icon hanya menggelar konser amal berupa hiburan musik DJ (Disk Jockey) dan sejumlah band.

Pihaknya juga bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang mempunyai dua konsep yaitu indoor dan outdoor.

“Untuk outdoor ada di dekat danau, ada 2 band yang akan menghibur di konser amal venue outdoor bersama ACT . Sedangkan DJ kami pindahkan ke indoor. Dari sisi parkir kami koordinasi dengan lahan parkir di DPRD dan memaksimalkan lahan parkir yang biasanya tak dipakai. Pas malam nanti akan kami buka untuk umum,” ujarnya.

Trulli menambahkan, konser amal yang akan digelar tak berlebihan dari segi pencahayaan. Sementara untuk jam operasional mal akan diperpanjang hingga pukul 12 malam dan ada hadiahnya bagi pengunjung yang belanja minimal Rp500 ribu.

“Dari pukul 8 hingga 12 malam kita buka midnight sale, Rp500 ribu itu bisa digabung atau dikumpulkan dari belanja di tenant-tenant yang ada. Bisa ditukar dengan hadiah langsung seperti bantal, voucher belanja, tiket PP Palembang-Singapura, dan satu unit sepeda motor,” ujarnya. (tji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hiburan

Ini Fakta Trending Lagu “Aisyah Istri Rasulullah”

Published

on

Nissa Sabyan

JAKARTA-Lagu berjudul “Aisyah Istri Rasulullah” mendadak menjadi perbincangan di dunia maya dan berhasil mengalahkan topik soal virus corona atau Covid-19.

Tak hanya itu, lagu yang dibuat oleh band asal Malaysia bernama Projector Band ini berhasil menguasai trending YouTube Indonesia selama sepekan.

Lantas, apa yang unik dari lagu tersebut? Berikut sederet fakta seputar lagu tersebut yang telah dirangkum.

1. Pertama kali muncul tahun 2017

Lagu “Aisyah Istri Rasulullah” pertama kali muncul pada 2017 oleh band asal Malaysia bernama Projector dengan judul aslinya adalah Aisyah A.K.A Satu Dua Tiga Cinta Kamu.

Aisyah Istri Rasulullah ini berkisah tentang kecintaan istri Rasulullah bernama Aisyah kepada Nabi Muhammad SAW. Ternyata lagu versi aslinya ini berkisah tentang cinta yang suka putus-nyambung, loh.

2. Dicover Sabyan Gambus dan Syakoir Daulay

Sebelum dipopulerkan oleh Sabyan Gambus, lagu tersebut telah populer lebih dulu dengan judul yang sama. Namun, lagu itu dilantunkan oleh penyanyi bernama Muallimah pada Juli 2019.

Saat dicover Sabyan, lagu itu telah disaksikan sebanyak 19 juta kali. Sedangkan cover Syakir Daulay sendiri mencapai 26 juta penonton di YouTube.

3. Liriknya gubahan

Sedikit yang tau bahwa lirik pada lagu ini bukanlah yang asli. Yang menggubah lirik lagu ini menjadi berbeda adalah seorang YouTuber asal Malaysia bernama Vitaminbie atau lebih dikenal dengan nama Mr Bie.

Dalam akun Instagram miliknya, Mr Bie kerap menggubah beberapa lagu dengan lirik yang ia aranseme sendiri. Selain lagu Aisyah Istri Rasullulah, Mr Bie telah merubah lagu milik Siti Nurhaliza dengan lirik bernada edukasi tentang corona.

Kemudian dalam akun Instagramnya juga, Mr Bie memposting Nisa Sabyan yang sedang berlatih melantunkan lagu tersebut. Selain menggubah lagu, diketahui Mr Bie acap kali membuat konten sosial di YouTubenya.

4. Liriknya bikin baper

Banyak yang memprediksi kalau lagu ini mencuat jadi trending topic di YouTube adalah liriknya yang super bikin baper. Seperti dilansir suara.com, Jika tidak percaya, coba intip sedikit lirik dari lagu tersebut:

Mulia indah cantik berseri

Kulit putih bersih merah di pipimu

Dia Aisyah putri Abu Bakar

Istri Rasullallah

Sungguh sweet Nabi mencintamu

Hingga Nabi minum di bekas bibirmu

Bila dia marah, Nabi kan bermanja

Mencubit hidungnya.

Continue Reading

Hiburan

Peneliti Temukan ‘Obat’ Tidak Sakit Hati saat Mengingat Mantan

Published

on

Ilustrasi

JAKARTA-Seorang peneliti asal Montreal, Kanada, mengatakan telah menemukan cara untuk mengurangi sengatan emosi yang terjadi akibat putus hubungan, dengan cara “menyunting” ingatan lewat terapi dan pil pengatur ritme jantung.

Dr Alain Brunet menghabiskan 15 tahun mempelajari gangguan stres pasca trauma (PTSD) dan menangani veteran perang dan korban serangan teror dan kriminalitas.

Risetnya selama ini berpusat pada yang ia namakan sebagai “terapi rekonsolidasi”, sebuah pendekatan inovatif yang bisa membantu menghilangan rasa sakit emosional dari ingatan yang traumatis.

Intisari kegiatannya ini adalah obat bernama propranolol, sebuah pil pengatur ritme jantung yang dipakai untuk merawat sakit fisik seperti darah tinggi dan migren.

Obat ini sedang dalam penelitian untuk digunakan lebih luas.

Dalam metode rekonsolidasi, pasien diminta minum propanolol satu jam sebelum terapi dan menuliskan secara rinci hal-hal yang membuat mereka trauma, lalu menuliskannya.

“Kadang ketika kita mengingat-ingat, ada sesuatu yang baru yang dipelajari. Ingatan ini bisa dibuka kuncinya, diperbaharui, lalu dikunci lagi,” kata psikolog klinis ini seperti dilansir BBC.

Proses rekonsolidasi ini menciptakan peluang untuk mengarah pada bagian ingatan yang sangat emosional.

“Pada dasarnya kami menggunakan pengetahuan dari neurosains dalam merawat pasien,” kata Dr Brunet.

Risetnya ini dibandingkan dengan film fiksi ilmiah Eternal Sunshine of a Spotless Mind, ketika sepasang kekasih menghapuskan ingatan masing-masing.

Dr Brunet mengingatkan bahwa kenangan tidak akan hilang sesudah terapi rekonsolidasi, hanya saja kenangan itu tidak akan lagi terasa menyakitkan.

Ingatan, dalam pengertian sebagai fakta yang netral disimpan di bagian otak bernama hippocampus.

Namun sisi emosional dari ingatan tersimpan di amygdala.

“Bayangkan seperti syuting film dengan cara kuno, kita punya gambar dan suara dalam jalur yang terpisah,” katanya.

Ketika seseorang mengenang ingatan yang traumatis, ia menjalani kedua jalur ini.

Propanolol mengarah pada satu jalur – jalur emosional – menghalangi rekonsolidasi dengan jalur satunya lagi sehingga bisa menekan rasa sakit akibat kenangan itu.

Ingatan yang dipanggil melalui jalur pengobatan ini kemudian “disimpan” lagi oleh otak dalam bentuk baru yang tidak terlalu emosional.

Riset Dr Brunet memperlihatkan 70% pasiennya lega setelah menjalani beberapa sesi terapi rekonsolidasi ini.

Dr Brunet bekerja sama dengan peneliti PTSD lain, termasuk ahli dari Harvard University Dr Roger Pitman mempelajari metode ini.

Baru-baru ini, ia menjalankan program di Prancis seiring serangan teror di Paris dan Nice, melatih 200 dokter menjalankan terapi untuk membantu korban, saksi dan orang-orang yang pertamakali merespon kejadian.

Sejauh ini, 400 orang telah menjalani terapi ini.

Sesudah sukses dengan PTSD, Dr Brunet menyatakan ingin menerapkan metode ini untuk perawatan lain.

Tahun 2015 bersama bekas mahasiswanya, Michelle Lonergan, di McGill University di Montreal, ia mengalihkan perhatian ke orang yang patah hati akibat “pengkhianatan cinta”.

“Coba lihat kisah tragedi Yunani. Pada dasarnya itu adalah pengkhianatan,” katanya. “Pengkhianatan adalah intisari kehidupan manusia.”

Putus cinta yang buruk juga bisa sangat menyakitkan, dan orang bisa merasakan reaksi emosional serupa dengan para penyintas trauma.

Pasien yang direkrut untuk penelitian ini adalah yang kasusnya berat, umumnya berupa perselingkuhan.

Beberapa di antaranya tiba-tiba diabaikan sesudah berhubungan lama dengan pasangan yang dianggap cinta sejati.

Mereka sulit untuk menerima kenyataan itu, “tak bisa membuka lembaran baru,” kata Dr Brunet.

“Itu yang orang-orang katakan kepada mereka, dan ini sama sekali tak membantu. Tapi memang itu masalahnya.”

Temuan Dr Brunet dan Dr Lonergan adalah, seperti halnya PTSD, banyak penderita patah hati merasa lega.

Beberapa di antaranya sesudah satu kali saja menjalani sesi terapi rekonsolidasi.

Sesudah lima sesi, ketika mereka membaca keras-keras ingatan mereka tentang pengkhianatan, mereka merasa “seperti sedang membaca novel yang ditulis oleh orang lain”.

“Perawatan ini memperkirakan ingatan yang bekerja normal, bagaimana kita pelan-pelan melupakan dan membuka halaman baru,” katanya.

Laboratoriumnya di Montreal kini merekrut 60 orang yang mengalami perselingkuhan atau bentuk pengkhianatan lain untuk studi terapi rekonsolidasi baru.

Dr Brunet juga berharap terapi rekonsolidasi bisa dikembangkan lebih jauh untuk merawat fobia dan rasa duka yang kompleks.

“Segala macam tekanan yang muncul dari peristiwa yang emosional,” katanya.

Continue Reading

Luar Negeri

Hubungan AS-Iran Memburuk, Indonesia Khawatir Dampak ke Kawasan

Published

on

Hubungan Amerika dan Iran terus memburuk pasca pembunuhan panglima pasukan elit Iran, ‘Pasukan Quds,’ Jendral Qassem Soleimani, oleh militer Amerika di bandara internasional Baghdad, Irak, hari Kamis (2/1/2020).

Sekjen NATO Jens Stoltenberg telah menyerukan agar semua pihak menahan diri, sementara Inggris kini mengawal kapal-kapal yang melintasi Timur Tengah. Kedutaan Amerika di Indonesia hari Selasa (7/1) mengeluarkan peringatan keamanan atas potensi terjadinya aksi kekerasan pasca memburuknya situasi di Timur Tengah.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, Senin (6/1) telah memanggil Duta Besar Amerika dan Duta Besar Iran di Jakarta untuk meminta penjelasan tentang situasi terakhir di kawasan itu.

Pelaksana Tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah menyatakan selain prihatin dengan situasi yang ada, Indonesia juga khawatir dengan dampak ekonomi dan keamanan di kawasan. Namun, seperti dilansir VOAIndonesia, ia belum mengetahui apakah Indonesia, sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan, akan memainkan peran lebih besar guna meredam dampak memburuknya hubungan Amerika dan Iran ke kawasan.

“Kita memang masih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB pada tahun 2020, ada mekanisme sendiri tersendiri di sana dalam membahas isu-isu yang mengancam perdamaian internasional dan sekarang saya belum mendapatkan masukan dari rekan-rekan kita di New York,” kata Faizasyah.

Soal perlindungan warga negara Indonesia, Teuku Rezasyah menambahkan saat ini perwakilan Indonesia di Iran dan Irak telah menyampaikan pemberitahuan pada WNI untuk meningkatkan kehati-hatian serta segera menghubungi telpon darurat 24 jam jika ada hal-hal yang mengkhawatirkan.

Kedubes Iran di Jakarta Kecam Tindakan Amerika

Dalam keterangan resminya hari Senin (6/1), Kedubes Iran di Jakarta kembali mengutuk tindakan Amerika dan menyebutnya sebagai “serangan teror terhadap pejabat resmi Iran dan bentuk nyata aksi terorisme yang berbasis pemerintahan/terorisme negara.” Lebih jauh pernyataan itu menyatakan bahwa “tindakan ini adalah pelanggaran yang luas terhadpa berbagai peraturan internasional dan piagam PBB.”

Ratusan Ribu Warga Iran Berduka atas Tewasnya Soleimani

Pernyataan itu mengklaim “Qassem Soleimani merupakan simbol dan pahlawan anti-terorisme dan radikalisme di kawasan Timur Tengah,” merujuk pada upaya Soleimani memerangi ISIS dan kelompok takfiri di Suriah dan Irak.

Kedubes Iran di Jakarta menggarisbawahi bahwa tindakan pembunuhan tersebut ‘’juga bertentangan dengan komitmen internasional Amerika dalam memerangi terorisme, dikarenakan Amerika dengan tindakan kejinya sedang melawan orang-orang dan pihak-pihak yang berperang dengan kelompok teroris.

”Melanjutkan pernyataan pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khameini, Kedubes Iran di Jakarta kembali mengatakan bahwa “Republik Islam Iran akan mengerahkan seluruh kapasitas politik, hukum dan internasionalnya untuk membalas teror jahat ini. Iran tidak akan terpancing oleh perkembangan situasi dan akan memberikan pembalasan yang tegas pada waktu dan tempat yang diharapkannya.”

Pasukan Quds, yang merupakan salah satu unit dalam Pasukan Garda Revolusioner Iran telah ditetapkan Amerika sebagai organisasi teroris asing.

Continue Reading
Advertisement

Trending